Macam-Macam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran_Pada dasarnya guru ialah seorang pendidik. Pendidik ialah orang cukup umur dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk sanggup mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru ialah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting ialah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru sanggup menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana berguru yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didiknya.

Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan memakai metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang guru harus bisa menerapkan aneka macam metode pembelajaran. Disini saya akan memaparkan beberapa metode pembelajaran berdasarkan Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang sanggup kita digunakan.
Pada dasarnya guru ialah seorang pendidik Macam-Macam Metode Pembelajaran

: Pendidikan anak usia dini

Macam-Macam Metode pembelajaran :

1.Metode Ceramah

Metode pembelajaran ceramah ialah penerangan secara verbal atas materi pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, sanggup dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru sanggup mendorong timbulnya ide bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk dipakai dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian materi berguru yang berupa informasi dan kalau materi berguru tersebut sukar didapatkan.

2. Metode Diskusi

Metode pembelajaran diskusi ialah proses pelibatan dua orang akseptor atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan problem sehingga didapatkan akad diantara mereka. Pembelajaran yang memakai metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).

Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi sanggup meningkatkan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi kesannya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan anak dari pada metode diskusi.

3. Metode Demonstrasi

Metode pembelajaran demontrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari balasan atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran ialah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa menunjukkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara menciptakan kue, dan sebagainya.

Kelebihan Metode Demonstrasi :
  • Perhatian siswa sanggup lebih dipusatkan.
  • Proses berguru siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
  • Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih menempel dalam diri siswa.

Kelemahan metode Demonstrasi :
  • Siswa adakala sukar melihat dengan terperinci benda yang diperagakan.
  • Tidak semua benda sanggup didemonstrasikan.
  • Sukar dimengerti kalau didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.

4. Metode Ceramah Plus

Metode Pembelajaran Ceramah Plus ialah metode pengajaran yang memakai lebih dari satu metode, yakni metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya yaitu:
  • Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas
  • Metode ceramah plus diskusi dan tugas
  • Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL)

: Pendidikan agama anak usia dini 

5. Metode Resitasi

Metode Pembelajaran Resitasi ialah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa menciptakan resume dengan kalimat sendiri.
Kelebihan Metode Resitasi ialah :
  • Pengetahuan yang diperoleh akseptor didik dari hasil berguru sendiri akan sanggup diingat lebih lama.
  • Peserta didik mempunyai peluang untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
    Kelemahan Metode Resitasi ialah :
  • Kadang kala akseptor didik melaksanakan penipuan yakni akseptor didik hanya menjiplak hasil pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
  • Kadang kala kiprah dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
  • Sukar menunjukkan kiprah yang memenuhi perbedaan individual.

6. Metode Eksperimental

Metode pembelajaran eksperimental ialah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melaksanakan kegiatan percobaan dengan mengalami dan menerangkan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melaksanakan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, menerangkan dan menarik kesimpulan sendiri wacana obyek yang dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)

Metode study tour Study tour (karya wisata) ialah metode mengajar dengan mengajak akseptor didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya akseptor didik menciptakan laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.

8. Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan (drill method) ialah suatu metode mengajar dengan menunjukkan training keterampilan secara berulang kepada akseptor didik, dan mengajaknya pribadi ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: menciptakan tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada akseptor didik.

9. Metode Pengajaran Beregu

Metode pembelajaran beregu ialah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya,setiap pendidik menciptakan soal, kemudian digabung. Jika ujian verbal maka setiapsiswa yang diuji harus pribadi berhadapan dengan team pendidik tersebut.

10. Peer Theaching Method

Metode Peer Theaching sama juga dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)

Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving sanggup memakai metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data hingga pada menarik kesimpulan.

Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan olehsiswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.

12. Project Method

Project Method ialah metode perancangan ialah suatu metode mengajar dengan meminta akseptor didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.

13. Taileren Method

Teileren Method yaitu suatu metode mengajar dengan memakai sebagian-sebagian,misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentusaja berkaitan dengan masalahnya

14. Metode Global (ganze method)

Metode Global yaitu suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang sanggup mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.

: Jangan ucapkan 5 kata ini dalam mendidik anak

Demikian macam-macam metode pembelajaran

Semoga sanggup menjadi materi contoh dalam menerapakan metode pembelajaran untuk akseptor didik.

Buku contoh : Simamora, Roymond H. (2009). BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC

0 Response to "Macam-Macam Metode Pembelajaran"

Posting Komentar