Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp
DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP- Sistematika Penulisan PTK-Penelitian Tindakan Kelas
HAKIKAT PTK
HAKIKAT PTK
Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK merupakan studi sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki praktik praktik dalam pend
idikan dengan melaksanakan tindakan mudah serta refleksi dari tindakan tersebut.
PTK tersebut dilakukan oleh guru yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus pada proses dan hasil berguru yang terjadi di kelas. Sebagai upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan konkret guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa dilakukan. Guru yang profesional akan segera melaksanakan sesuatu tindakan bila di kelasnya terjadi dilema atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan hasil pembelajaran.
RAMBU-RAMBU SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Judul; singkat, spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi
B. Kata Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK
C. Daftar isi
D. Abstak; berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat (lebih
kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal,
E. Bab I Pendahuluan
idikan dengan melaksanakan tindakan mudah serta refleksi dari tindakan tersebut.
PTK tersebut dilakukan oleh guru yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus pada proses dan hasil berguru yang terjadi di kelas. Sebagai upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan konkret guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa dilakukan. Guru yang profesional akan segera melaksanakan sesuatu tindakan bila di kelasnya terjadi dilema atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan hasil pembelajaran.
RAMBU-RAMBU SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Judul; singkat, spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi
B. Kata Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK
C. Daftar isi
D. Abstak; berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat (lebih
kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal,
E. Bab I Pendahuluan
Latar belakang; berisi wacana kondisi konkret banyak sekali hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk dipecahkan.Rumusan maslah; kalimat tanya yang berisi tentang: indikator masalah yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek yang akan dikenai tindakan.Tujuan: berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi wacana tujuan yang sanggup diukur ketercapaiannya.Hipotesis: berisi dugaan sementara wacana hasil yang akan dicapai bila masalah tersebut digarap.
Manfaat: berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
F. Bab II Kajian Teori
Berisi wacana teori yang mendasari penelitian, yaitu berkaitan dengan kondisi
pembelajaran. Masalah yang akan dipecahkan, taktik yang akan digunakan, dan prestasi berguru siswa yang diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak sanggup mengungkapkan tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who(siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu dipakai atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang lain).
G. Bab III Metode Penelitian
Berisi wacana teori yang mendasari penelitian, yaitu berkaitan dengan kondisi
pembelajaran. Masalah yang akan dipecahkan, taktik yang akan digunakan, dan prestasi berguru siswa yang diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak sanggup mengungkapkan tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who(siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu dipakai atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang lain).
G. Bab III Metode Penelitian
Rancangan penelitian; berisi jenis penelitian, rancangan yang digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data.
Lokasi dan waktu penelitian; berisi wacana lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa usang penelitian dilakukan (sebutka antara waktu)Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi ibarat (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan.Prosedur penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: acara perencanaan, acara pengamatan serta acara refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan teladan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.Instrumen yang digunakan; berisi paparan wacana alat pengumpulan data yang dipakai dan alasan penggunaannya, yang mencakup pedoman observasi, alat perekam, dll.Teknik pengumpulan data; berisi paparan wacana langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, dukungan evaluasi, dll.
Teknik analisis data; berisi paparan wacana proses pengolahan data, yang mencakup reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll.
H. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dan observer, analisis data dan refleksi dari acara dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan planning tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan acara siswa.
I. Bab V Simpulan dan Saran
Berisi final dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Sumber : Buku Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Perlatihan dan Contoh
Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 234 halaman
Penerbit Aditama Tahun 2011
Untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan didownload di link berikut :
Prosedur Pelaksanaan Penelitian [Download]Sistematika Laporan Penelitian Tindakan [Download]
Itulah PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP senoga bisa bermanfaat bagi Ibu dan bapak.
:
0 Response to "Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp"
Posting Komentar